Quotes

"Do What You Love,Love What You Do"

Rabu, 28 September 2011

Firman Allah


Surah Al-Baqarah : 30
Manusia sebagai khalifah di muka bumi
 Terjemah :
“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat,’Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.’ Mereka berkata,’Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?’ Dia berfirman, ‘Sungguh , Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui’.” (QS. Al-Baqarah :30)

Penjelasan :
Ayat ini menunjukan bahwa sejak pertama kali manusia diciptakan , Allah telah menyiapkannya untuk menjadi khalifah di muka bumi. Khalifah artinya pengganti Allah untuk mengurus dan mengatur bumi dan seisinya, meski wacana Tuhan pada saat itu sudah dipertanyakan oleh para malaikat yang telah lebih dahulu diciptakan Allah.
            Mereka mempertanyakan kemampuan manusia untuk menjadi khalifah di muka bumi, karena menurut pandangan mereka manusia itu suka membuat kerusakan dan bahkan menumpahkan darah. Padahal tugas khalifah itu adalah untuk memakmurkan bumi seperti firman Allah dalam surah Hud ayat 61, yang artinya : “Dia telah menciptakanmu dari bumi (tanah) dan menjadikanmu pemakmurnya.” (QS. Hud:61)
            Dan untuk meyakinkan para malaikat yang mempertanyakan kemampuan manusia menjadi khalifah di bumi, Allah menegaskan bahwa kalian banyak tidak mengetahui hal yang Kami ketahui.
            Bisa  jadi kekurangtahuan malaikat tentang  khalifah di bumi itu, karena masalah khalifah adalah urusan manusia yang tabiatnya memang berbeda dengan tabiat malaikat. Malaikat diciptakan Allah hanya untuk melaksanakan perintah, tidak untuk membuat rekayasa seperti manusia
Jadi, tugas pokok manusia sebagai khalifah adalah mengolah bumi untuk diperoleh manfaatnya bagi kehidupan manusia itu sendiri secara berkelanjutan.
Dari satu sisi, penugasan tersebut dapat merupakan pelimpahan kekuasaan politik, di sisi lain karena yang menjadikan dan yang menugaskan itu adalah Allah SWT, maka para petugas dalam menjalankan tugasnya harus memperhatikan kehendak yang memberi tugas.
Sari Makna

  • Manusia ditunjuk Allah sebagai mahluk yang layak menjadikan pengatur bumi.
  • Manusia layak menjadi pengatur bumi karena sesuai dengan tabiatnya yaitu diberi kewenangan untuk memilih dan mengatur sendiri.
  • Dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah, manusia haruis mengikuti aturan yang dibuat oleh Sang Pemberi tugas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar